Rabu, 10 Februari 2021

12 Langkah Optimasi SEO On Page Untuk Tingkatkan Kualitas Website

Perhatikan Langkah Optimasi SEO On Page Untuk Tingkatkan Kualitas Website

Optimasi SEO on page memang perlu memperhatikan beberapa hal. Tujuannya agar bisa naik peringkat di hasil pencarian dengan waktu yang singkat. Sehingga trafik website akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Langkah Optimasi SEO On Page

Perlu diketahui bahwa SEO on page merupakan optimasi yang dilakukan setelah konten selesai diterbitkan. Langkah yang harus dilakukan cukup banyak sebagai berikut:


1. Menggunakan Permalink Sederhana

Menggunakan langkah ini disarankan karena permalink yang sederhana akan memudahkan mesin pencari dalam mengenali topik suatu konten. Sebagai contoh, Anda ingin menargetkan kata kunci serum whitening. Tapi, Blogspot otomatis membuat permalink Anda seperti dibawah ini :

www.websitekalian.com/2021/02/judulartikel

Padahal, permalink yang SEO untuk artikel tersebut yaitu seperti dibawah ini :

www.websitekalian.com/serum-whitening

2. Membuat Judul yang Menarik

Agar konten pada sebuah website bisa memiliki viewers yang banyak, caranya dengan menggunakan judul yang menarik. Anda juga bisa menambahkan kata sifat dan angka untuk membuat judul. Sama seperti judul artikel ini yaitu 12 Langkah Optimasi SEO On Page Untuk Tingkatkan Kualitas Website. Tapi, tidak semua konten cocok menggunakan angka pada judul ya. 


3. Menambahkan Gambar dan Video

Konten yang hanya berisi teks kan terlihat membosankan. Anda bisa memberikan gambar atau video sesuai dengan konten yang sedang dibahas.


4. Optimasi Gambar

Agar optimasi SEO on page bisa meningkat anda juga harus mengoptimasi gambar. Hal ini bisa meningkatkan kualitas SEO on page. Pasalnya ukuran gambar yang besar akan membuat web lemot. Ukuran gambar yaitu < 100 kb, kalian dapat menggunakan layanan kompress gambar secara secara gratis dengan menggunakan TinyPNG, Compressjpeg, ILoveIMG dan lain sebagainya.


Pada saat menyimpan gambar yang sudah dikompress, berikan nama file yang sesuai dengan kata kunci atau keyword yang kalian inginkan. Tahap selanjutnya adalah dengan memberikan nama pada ALT Text sesuai kata kuncinya. Alt text merupakan kependekan dari alternative text jika gambar tidak bisa keluar. Alt text juga memudahkan gambar untuk muncul di pencarian. Caranya adalah dengan menekan gambar pada saat membuat artikel > tekan ikon setting/pengaturan > masukkan text yang diinginkan sesuai keyword pada Teks alternatif dan Teks judul seperti dibawah ini. 



5. Memanfaatkan Heading dan Subheading

Agar memudahkan pengunjung dalam memahami konten sebaiknya anda perhatikan pembuatan struktur konten. Misalnya dengan memanfaatkan heading dan subheading. Kedua unsur ini bisa memecah artikel menjadi beberapa bagian sehingga mudah dibaca.


6. Meletakkan Focus Keyword di 100 Kata Pertama

Langkah berikutnya dengan meletakkan fokus keyword pada paragraf pertama yang tidak lebih dari 100 kata. Hal ini bertujuan agar to the point pada topik yang sedang dibahas. Dalam hal ini penulis harus bisa menyesuaikan dengan tema yang akan dibahas.


7. Tema Responsif

Untuk strategi optimasi SEO on page bisa dilakukan dengan menggunakan tema yang responsif. Maksud dari tema ini adalah kompatibel dengan perangkat apapun. Bisa dibuka melalui desktop, tablet, hp, dan masih banyak lagi.


8. Menyisipkan Outbound Link

Ketika membuat konten sebaiknya menyisipkan satu link ke website lain yang disebut dengan outbound link. Pastikan website yang dijadikan sumber rujukan sudah terpercaya dengan kualitas yang baik.


9. Memaksimalkan Internal Link

Tak hanya outbound link saja, anda bisa memaksimalkan SEO on page dengan menggunakan internal link. Bertujuan mengarahkan pembaca pada website yang anda miliki. Sehingga mudah untuk berpindah dari satu konten ke konten lainnya.


10. Meningkatkan Kecepatan Website

Untuk melakukan optimasi SEO on page anda juga harus memikirkan tentang website. Jangan sampai website yang digunakan sebagai wadah tidak berjalan dengan cepat. Anda bisa mengecek kecepatan website dengan menggunakan tools yang ada.


11. Menggunakan LSI Keyword

Anda juga perlu mengulang focus keyword agar konten bisa muncul di page one. Tetapi jangan mengulang keyword dengan banyak hingga terdeteksi spam dan akan membuat website anda bereputasi buruk.


12. Menambahkan Share Media Sosial

Langkah jitu yang harus anda lakukan adalah menambahkan tombol share media sosial. Hal ini bisa menjangkau dan membangun audiens baru di berbagai platform. Terlebih berkembangnya media online masa kini yang sudah dipegang oleh sebagian orang. 


Harapannya pembaca bisa membagikan konten ke orang lain. Sehingga mereka bisa dengan mudah menjangkau konten yang anda buat. Untuk membuat tombol ini bisa menggunakan bantuan plugin. Banyak plugin media sosial yang bisa anda pilih untuk meningkatkan SEO on page.

   

Itulah beberapa langkah untuk optimasi SEO on page yang anda miliki. Pastikan menerapkan langkah tersebut dengan cermat. Jangan sampai salah langkah karena berakibat fatal pada reputasi website.

2 komentar

  1. mantul ini artikelnya aku pun sudh menerapkan hal-hal tersebut di atas ya, thanks menambhkn yang sy belum tau

    BalasHapus
  2. Terimakasih, semoga bermanfaat

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana ini. Mohon beri kritik dan saran atau pertanyaan jika ada :D

Instagram