Rabu, 05 Mei 2021

Bacaan Niat Sholat 5 Waktu Lengkap Dengan Artinya

Bacaan-Niat-Sholat-5-Waktu-Lengkap-Dengan-Artinya


Sholat merupakan tiang agama yang mana wajib dilakukan oleh setiap umat muslim. Mengingat bahwa sholat 5 waktu hukumnya wajib. Bagi umat muslim yang tidak mengerjakannya, maka tidaklah sempurna agamanya. Sebelum sholat perlu memperhatikan bacaan niat sholat 5 waktu yang benar.


Sholat merupakan perbuatan atau gerakan dan gerakan yang diawali dengan takbir. Baru setelah itu, akan diakhiri dengan salam. Tentu saja ini memiliki syarat tertentu.


Bacaan Niat Sholat 5 Waktu dan Artinya

Mungkin kita sebagai umat muslim sudah sering melafalkan bahasa Arabnya. Pasti kurang lengkap jika belum melafalkan niat sholat tanpa tahu artinya. Sehingga ibadah akan sempurna dan mendapatkan pahala yang berlimpah.


Tuntunan sholat pasti dimulai dengan mengerjakan syarat dan rukun sholat. Syarat adalah sesuatu yang harus dipenuhi sebelum seseorang melaksanakan sholat. Adapun rukun yang merupakan urutan mengerjakan sholat.


Ketika akan mulai sholat pasti diawali dengan niat. Kondisi tubuh berdiri menghadap ke arah kiblat. Jika tidak sanggup berdiri bisa dilakukan dengan terlentang atau berbaring.


Bacaan niat sholat 5 waktu tentu berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan jumlah rakaat serta waktu pelaksanaan sholat. Berikut adalah bacaannya:


Niat Sholat Shubuh

أُصَلِّي فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Usholli fardha shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala

Artinya : 

“Aku niat salat fardhu shubuh, dua raka’at, menghadap kiblat, tepat waktu, karena Allah ta’ala”


Niat Sholat Dzuhur

أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Usholli fardha dzuhri arba’a raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala

Artinya :

“Aku niat salat fardlu dluhur, empat raka’at, menghadap kiblat, tepat waktu, karena Allah ta’ala”


Niat Sholat Ashar

أُصَلِّي فَرْضَ العَصْرِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Usholli fardha ‘ashri arba’a raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala

Artinya : 

“Aku niat salat fardhu ashar, empat raka’at, menghadap kiblat, tepat waktu, karena Allah ta’ala”


Niat Sholat Maghrib

أُصَلِّي فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Usholli fardha maghribi tsalaatsa raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala

Artinya : 

“Aku niat salat fardhu maghrib, tiga raka’at, menghadap kiblat, tepat waktu, karena Allah ta’ala”


Niat Sholat Isya

أُصَلِّي فَرْضَ العِشَاءِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Usholli fardha ‘isyaa`i arba’a raka`aatin mustaqbilal qiblati adaa`an lillaahi ta’aala

Artinya : 

“Aku niat salat fardhu isya, empat raka’at, menghadap kiblat, tepat waktu, karena Allah ta’ala”


Keutamaan Baca Niat Sholat

Bacaan niat sholat 5 waktu tidak semata-mata hanya dibaca saja. Tetapi memiliki peran penting dan berpengaruh pada keberlangsungan sholat. Niat sebaiknya dilakukan sejak melakukan rukun fi'li. Biasanya dilakukan pertama kali ketika sedang membasuh muka.


Sedangkan untuk sholat,niat dibaca pertama kali saat seseorang takbiratul ihram. Niat ada yang di dalam hati dan ada yang dilafalkan. Niat dalam hati merupakan sunnah karena agar orang bisa dengan mudah terhubung dengan lahiriyah.


Apabila pelafalan niat salah maka yang dianggap adalah niat yang ada di dalam hati. Apa yang diucapkan di mulut bukanlah sebuah niat. Hati adalah mulut yang sesungguhnya benar dan berkata jujur.


Walaupun niat utamanya dilakukan dalam hati tetapi harus memenuhi tiga syarat. Yang pertama adalah menyengaja untuk melakukan suatu tindakan. Kedua adalah Tayin atau menjelaskan spesifikasi ibadah yang dilakukan. Yang Ketiga adalah fardhiyyah yang merupakan penyebutan klasifikasi ibadah yang akan dilakukan.


Itulah bacaan niat sholat 5 waktu yang harus dipahami. Pastikan membaca niat sesuai dengan keinginan hati nurani. Sehingga mendapatkan kesempurnaan sholat dan pahalanya.


Baca juga : Dzikir dan Doa-Doa Setelah Sholat

2 komentar

  1. Aahhh bener banget, aku pun kalau shalat juga begitu kak karna guru ngaji ku mengajarkan seperti itu

    Misal yaa kayak kita sholat subuh, nah pas takbiratul ihram aku pun berdoa dalam hati niat sholat subuh 2 rakaat yang arti arabnya itu tadi

    Gak shalat wajin aja sih, ketika shalat sunnah pun juga aku lakuin hal yang sama

    Makasih yaa kak bermanfaat banget wacananya. .ku kira gak ada yg bahas tentang ini, ternyata masih ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, semoga bermanfaat 😍😁

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana ini. Mohon beri kritik dan saran serta pertanyaan jika ada :D