Kamelawar versi Bahasa Inggris disini

10 Rekomendasi Game Online Untuk Anak Sekolah Online Gratis

Game online menjadi salah satu permainan yang paling banyak digunakan di era yang serba digital terutama game online edukasi yang baik untuk anak-anak
10 Rekomendasi Game Online Untuk Anak

Pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya perubahan besar dalam segala aspek kehidupan. Dimulai dari perekonomian, hubungan sosial, kebiasaan hingga pendidikan. Sebagai mahasiswa, aku sudah merasakan betapa sulitnya beradaptasi dengan perubahan tersebut, dimana pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan yang berguna untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona. Salah satu kebijakan itu, yaitu belajar dengan sistem jarak jauh.

Bagiku, sistem ini tidak efektif diterapkan di Indonesia, terutama untuk siswa tingkat SD hingga SMA. Dikutip dari surveymeter.org, siswa tersebut memiliki beban pelajaran terlalu banyak. Dengan suasana belajar yang membosankan, mereka dituntut untuk mempelajari dan mencermati materi pelajaran dengan cepat secara mandiri. Beberapa guru juga sering memberikan PR untuk dikerjakan.

Pemilik kos yang aku tempati memiliki seorang anak yang bersekolah ditingkat SMP. Dulu, ketika aku masih libur semester, anak pemilik kosku sering meminta bantuan untuk mengerjakan PR nya. Menurut pengalamanku, siswa SMP sudah seharusnya bisa memahami konsep perkalian dan pembagian. Tetapi, anak tersebut bahkan tidak bisa mengerjakan soal pertambahan dan pengurangan untuk angka dibawah 100. Bahkan, dia juga mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal dengan angka dibawah 30.

Saat itu aku tersadar bahwa butuh kerjasama yang baik dan tekad yang kuat agar sistem jarak jauh bisa bekerja dengan efektif. Guru harus lebih kreatif lagi dalam menata konsep belajar dan orangtua harus turut andil mendampingi anaknya agar mereka bisa memahami materi dengan baik dan menyenangkan. Bagi orangtua yang sibuk kerja atau yang memiliki rasa sabar yang kurang, mendampingi anak adalah sesuatu yang sulit. Banyak anak yang malas belajar, pengennya main terus dan susah diatur. Oleh karena itu, untuk para orangtua yang membaca tulisan ini, semangat ya!

Beberapa waktu lalu, aku menemukan sebuah informasi yang menarik. Menurut sebuah penelitian, penggunaan media game edukasi memberikan pengaruh yang lebih besar daripada penggunaan media video terhadap peningkatan hasil belajar anak. Oleh karena itu, pemilihan media game edukasi bisa menjadi pertimbangan orangtua guna menciptakan suasana belajar yang menarik dan efektif.

Pada saat era yang serba digital ini, Game online menjadi salah satu game yang paling banyak digunakan dan diminati. Perkembangan zaman juga mengiringi kemajuan teknologi yang terbukti semakin pesat. Tak heran apabila banyak developer yang berlomba-lomba menciptakan aplikasi berbasis online seperti untuk kepentingan hiburan. Game online merupakan jenis aplikasi yang cukup populer dimainkan termasuk oleh anak-anak.

Seperti yang kita tahu, bahaya teknologi yang berlebihan bisa berdampak negatif pada anak terutama apabila kurang pengawasan dari orang tua. Oleh karena itu, memilah game yang cocok untuk anak-anak harus dilakukan. Sebaliknya, akan lebih baik jika orang tua memberikan jenis game online yang bisa meningkatkan kecerdasan otak dengan konten game yang mendidik.

Dengan memberikan jenis game online tersebut, anak-anak tak hanya mendapat hiburan dari bermain game saja, melainkan juga meningkatkan kecerdasan otaknya. Game yang mendidik juga akan berdampak baik pada pertumbuhan anak, seperti meminimalisir perilaku tidak baik sejak dini. Berikut ini akan dijabarkan beberapa manfaat dan rekomendasi game online gratis yang cocok untuk diberikan kepada anak-anak versi Kamelawar.

Manfaat Bermain Game Online Untuk Anak

  • Meningkatkan kecerdasan
  • Mengembangkan kreativitas
  • Mengasah otak dalam memecahkan masalah
  • Menguatkan hubungan anak dan orangtua
  • Menciptakan perasaan bahagia
  • Menambah keahlian
  • Memberikan kenangan indah

Tips Untuk Orangtua Agar Game Online Berdampak Positif Bagi Anak

Tips Untuk Orangtua Agar Game Online Berdampak Positif Bagi Anak

1. Dampingi Anak

Hal utama yang harus dilakukan orangtua ketika anak sedang bermain game,yaitu mendampingi mereka. Bisa dengan berinteraksi langsung dengan anak, diajak ngomong tentang game yang dimainkan mereka. Bisa juga dengan bermain langsung bersama anak, sekarang sudah banyak game yang bisa dimainkan oleh dua orang sekaligus. Jangan lupa juga beritahu anak mengenai pesan moral dari game tersebut.

2. Tetapkan Durasi Waktu yang Tepat

Orang tua harus membuat rencana dan menetapkan batas waktu pada anak. Misalnya hari apa dan jam berapa sih seorang anak dapat bermain game, tanpa mempengaruhi perilaku dan tugas sekolahnya. Bermain game bisa dilakukan setiap hari, tapi pilihlah hari dimana orangtua memiliki waktu untuk mendampingi mereka. American Academy of Pediatrics merekomendasikan batas waktu yang tepat untuk anak berusia 2 hingga 5 tahun adalah satu jam per hari.

3. Gunakan Aplikasi Kontrol Waktu Layar

Saar ini, Smartphone sudah sangat canggih sehingga segala hal yang baik maupun buruk bisa terjadi dengan mudah. Oleh karena itu, orangtua juga harus lebih canggih dalam mengontrol anak saat bermain HP, laptop, ataupun komputer. Gunakanlah aplikasi yang berfungsi untuk memantau dan mengontrol perangkat yang digunakan anak. Dengan aplikasi itu, kita bisa memeriksa riwayat web, mengelola penggunaan aplikasi, mengatur batas waktu layar, hingga memantau keberadaan anak.

4. Pilih Game Dengan Bijak

Bermain game online terkadang membuat kita lupa waktu karena terasa menyenangkan. Sebagai orangtua, memilih game edukatif adalah pilihan yang tepat. Namun, diluar sana banyak sekali pencipta game yang mengklaim karyanya sebagai game edukatif. Oleh karena itu, orangtua harus memilih game dengan bijak agar bermain game menjadi bermanfaat.

  1. Orangtua harus meriset dan memilih beberapa game edukasi.
  2. Hindarilah game yang tiada akhirnya sehingga anak akan penasaran dan terus bermain.
  3. Hindari juga game yang bikin emosi.
  4. Coba mainkan semua game yang sudah dipilih, jika ada hal yang mengganjal, silakan untuk dieliminasi.
  5. Klasifikasikan game berdasarkan fungsinya dan buatlah jadwal untuk anak.

Rekomendasi Game Online Untuk Anak yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan

Rekomendasi Game Online Untuk Anak

Plays.org merupakan tempat bermain game online gratis berbasis web. Sehingga kita bisa memainkan tanpa harus mendownloadnya. Kita bisa menggunakan smartphone jenis apapun selagi ada jaringan internet, laptop, maupun komputer. Salah satu fitur yang aku suka disini yaitu kita bisa ngeprint hasil karya kita loh. Ya walaupun ga semua game, misalnya saja game dekorasi. Ya bisa dijadikan kenang-kenangan saat dewasa nanti atau cuman sekedar koleksi yang bisa meningkatkan motivasi anak. Mungkin nanti anaknya bisa menjadi seorang ahli seni.


Game Logika

1. Team Hamster Splash Dash

Jenis permainan logika yang pertama adalah Team Hamster Splash Dash, game online yang bisa diakses secara gratis. Game logika ini sangat cocok untuk dimainkan oleh anak-anak. Pada game ini, pemain harus menghadapi 30 tahap atau level yang harus diselesaikan.

Tugas utama pemain adalah meminimalisir kerusakan akibat adanya banjir. Game ini tidaklah sulit untuk dimainkan, sehingga cocok untuk melatih kemampuan berpikir secara logika bagi anak-anak. Didukung dengan desain yang menarik akan membuat anak tidak merasa bosan ketika bermain game ini.

2. Colorush: Color Shooting Logic

Di urutan kedua, ada rekomendasi game logika gratis yang tak kalah menarik dengan game sebelumnya. Berbeda dengan game sebelumnya, Colorush: Color Shooting Logic Puzzle ini memiliki 32 level yang harus dilalui oleh pemain. Game yang satu ini juga sedikit lebih sulit daripada game Team Hamster, karena harus benar-benar memainkan logika.

Tenang saja, tingkat kesulitan ini sudah disesuaikan dengan usia anak-anak pada umumnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika bermain game ini, yakni pemain harus membawa satu partikel warna ke kapasitor, pemain juga harus menghindari rintangan berbentuk balok, dan hal lainnya.

3. Equalz: Addition Solving Logic Puzzle

Rekomendasi ketiga dari game logika yang cocok untuk anak yang sudah lancar menghitung perjumlahan adalah Equalz. Game ini mengharuskan pemainnya untuk menyelesaikan sebanyak 50 level. Tujuan utama adanya game ini adalah untuk mempertajam logika dan kemampuan berpikir pada anak. Tingkat kesulitan dari game ini juga ada di level medium, jadi masih cocok untuk dimainkan oleh anak-anak.

Tugas utama pemain adalah menghubungkan kotak yang berwarna-warni dan bernomor terdekat hingga jumlahnya mencapai 10. Untuk mencapai level akhir, pemain harus memecahkan masalah dan menyelesaikan tantangan di setiap levelnya.

4. Wonders Around the World Spot the Differences

Game ini mengajak anak-anak untuk menjelajahi keajaiban dunia dan akan ada penjelasan singkat mengenai tempat masing-masing dengan bahasa inggris sih. Selain itu kita harus menemukan 10 perbedaan antara dua gambar yang ada. Menurutku kelebihan dari game ini, yaitu gambarnya bergerak jadi lebih menarik. 

5. Magic Slide: Level Escape Logic Puzzle Game

Menurutku game ini mengasah logika banget, jadi orangtua juga harus memiliki logika yang tanggap ketika mendampingi anak. Namun, kalo anaknya mulai pusing, jangan dipaksa ya.


Game Edukasi

1. ABC Slider Puzzle: Alphabetical Order Game

Rekomendasi aplikasi pertama untuk tipe game edukasi adalah ABC Slider Puzzle. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mengusung tema alphabet. Pemain diharuskan untuk mengatur ulang abjad sehingga membentuk urutan abjad A sampai Z dengan gerakan yang paling sedikit. Dibandingkan dengan game sebelumnya, ABC Slider Puzzle ini memiliki tingkat kesulitan yang paling rendah. Karena pada dasarnya, game yang satu ini fokus untuk mengedukasi pemainnya. Game ini lebih enak dimainkan menggunakan smartphone.

2. Marble Math Addition Game

Selanjutnya, di urutan kedua ada  game online gratis bernama Marble Math Addition. Sama seperti ABC Slider Puzzle, Marble Math Addition ini memiliki tingkat kualitas yang rendah. Game edukasi ini mengajarkan anak untuk menghitung pertambahan dengan menggunakan kelereng untuk membantu mempelajari dasar-dasar penjumlahan.

3. Learn with the Smurf

Learn with the Smurf adalah rekomendasi terakhir game online gratis yang mengusung tema edukasi untuk anak-anak. Tidak hanya belajar huruf abjad saja, game ini juga mengedukasi pemainnya untuk juga belajar angka-angka. Sistem game ini yakni berupa kumpulan mini game edukasi yang mengajari pemainnya tentang perhitungan dasar, pertambahan dan pengurangan, serta huruf kecil dan kapital. Pemain bebas memilih antara ketiga minigame tersebut dan bersenang-senang sambil belajar.


Game Dekorasi

1. Make a Cake

Rekomendasi game pertama dengan tema game dekorasi adalah Make a Cake. Dari namanya saja, mungkin kamu sudah bisa menebak bagaimana sistem permainan Make a Cake ini, bukan? di game ini, pemain akan dibebaskan untuk mendekorasi kue milik mereka masing-masing. Inti utama dari game ini adalah untuk mengajarkan pemainnya tentang kemampuan memanipulasi, mendesain, dan mendekorasi Cake yang disediakan sehingga mampu meningkatkan skill kreatifitas anak. Pemain juga bisa mendesain permen, kue tart, hingga lilin. Game Make a Cake ini akan melatih anak agar menjadi lebih kreatif terutama dalam bidang design. Game Make a Cake ini cocok untuk anak perempuan.

2. Make a Backpack

Terakhir, rekomendasi game dekorasi yang selanjutnya bernama Make a Backpack. Pemain bisa mendekorasi tas mulai dari warna, pemilihan gantungan kunci, memilih style tas yang menarik, hingga pola desain yang diinginkan. Sama seperti game sebelumnya, Make a Backpack juga dibuat dengan tujuan untuk melatih kreativitas anak dengan dekorasi. Game ini cocok untuk anak perempuan maupun laki-laki.


Kesimpulan

Demikian informasi singkat yang dapat kami sampaikan tentang rekomendasi game online gratis untuk anak-anak. Kesimpulannya, meskipun teknologi sudah semakin maju dan maraknya efek negatif dari game online, namun orang tua tetap bisa memberikan hiburan kepada anaknya dengan game online. Dengan catatan, orang tua harus pandai memilih dan memilah game yang baik dan bisa melatih skill anak, serta memantau ketika anak sedang bermain game online.

Nah itulah 8 rekomendasi game online gratis untuk anak yang bisa meningkatkan kecerdasan dan mendidik. Kalau game edukasi versi kamu apa? Ayo drop di kolom komentar!





Hi ✨ I love rebahan

16 komentar

  1. Game online bagaikan dua sisi yach. Satu sisi bisa mencerdaskan anak untuk berpikir kritas dan cepat. Sisi yang lain, bisa menjadi candu sehingga anak malas belajar di sekolah. Wah info game online yang positif sangat bagus.
  2. banyak banget ya pilihan game di plays.org ini dan ternyata bisa juga dijadikan game edukasi buat anak. bisa dicoba nih nanti buat anakku
  3. auto buka Plays. Org

    saya butuh nih untuk refreshing sekalian untuk menghindari pikun dini

    ternyata asyik ya?
  4. Kalau games edukasi versi saya, saya senang yang berbau matematika dan logika. Dan mainnya juga di plays.org karena bisa dimainkan langsung di web browser tanpa harus install aplikasi dulu.
  5. wah plays.org banyak banget ya jenis game edukasinya buat anak, jadi bisa asah kreativitas dan logika berpikir juga nih
  6. Aku juga sering nih mba main game di plays.org ini. Gamenya ringan dan buanyak banget pilihannya. Jadi gak ada ceritanya mati gaya walau di rumah aja. Hehe
  7. Nah, ini penting sekali bagi kita untuk mengetahui manfaat nggame untuk perkembangan anak. Nggame tak selalu diartikan membuang-buang waktu.

    Mantap sekali ada rekomendasi game-nya langsung. Terima kasih Kak.
  8. Jadi inget, dulu beberapa muridku di SMA ada juga yang parah matematikanya. Malah ada yang ngaku, biasanya disuruh bawa kalkukator pas SMPnya. Dan emang, zaman sekarang ngajak anak belajar lewat game itu lebih ngena ya.
  9. Saya nggak nemu-nemu game yang tidak menantang emosi. Dari yang saya alami, emosi bahkan terjadi ketika kita kesulitan mengalahkan diri sendiri (meskipun hanya untuk menyelesaikan tugas sederhana macam teka-teki silang, misalnya).
  10. Waktu SMP aku suka main game di hape, karena hapeku Ngage classic, tau sendiri sebanyak apa game nya XD

    Apapun yang tidak berlebihan insya Allah bermanfaat ya termasuk main game ini dan pastinya sellau dampingi anak.
  11. Nah bagus nih bisa buat referensi untuk anak ketika lagi ingin main games karena pilihannya ada games untuk edukasi online
  12. anak anakku suka main game make a cake mbak, maklum dua duanya perempuan
    jadi game yg dipilih ya seputar masak memasak
  13. Game online sebenarnya baik untuk mengasah kompetensi dan kecerdasan juga. Terkadang menjadi buruk kalau seseorang menjadi addicted sama game online yang menyebabkan banyak aktivitas menjadi terbengkalai. Bener tuh kak, orangtua wajib mendampingi anak saat main game online.
  14. hamster splash keren bangettt :D
  15. Ada banyak permainan menarik di Plays.org ini ya,mba. Saya sendiri pun pernah mencoba aneka games yang ada di web tersebut. Anak-anak bisa mendapatkan sisi positif dari permainan yang dimainkan jika memilih permainan yang tepat.
  16. Game Online di plays.org ini memang sangat recomend banget ya mbak buat anak-anak Kita, sayapun suka
Terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana ini. Mohon beri kritik dan saran serta pertanyaan jika ada :D
© Kamelawar. All rights reserved. Developed by Jago Desain