Resep JSR Asam Lambung Dr. Zaidul Akbar

Beberapa makanan bisa menaikkan asam lambung. Ada cara mengatasi asam lambung dengan resep JSR Dr. Zaidul Akbar yang bisa dijadikan panutan.

Asam lambung merupakan penyakit yang sering dirasakan oleh banyak orang. Penyebab seseorang bisa terserang penyakit ini karena salahnya faktor makanan dan minuman.

Beberapa makanan dan minuman memang bisa menaikkan asam lambung seperti makanan tinggi kolesterol, daging yang digoreng, makanan pedas, kafein, cokelat, soda, susu tinggi lemak, dan masih banyak lagi. Jadi, untuk kalian yang menderita penyakit asam lambung, dari sekarang usahakan untuk mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang telah saya sebutkan ya.

Penyebab asam lambung juga bisa dikarenakan pola makan yang tidak teratur. Biasanya jika kita terlalu sibuk, nafsu makan pun dapat berkurang. Sehingga lambung tidak mendapatkan asupan makanan di dalamnya.

Sebagian orang kecanduan minum obat kimia untuk mengatasi asam lambung. Padahal ada cara yang alami yang bisa menyembuhkan penyakit ini.

Cara mengatasi asam lambung ala Dr Zaidul Akbar sudah sangat terkenal. Minuman yang diracik dari bahan alami akan memberikan berbagai efek yang baik bagi kesehatan. Bahan alami juga sangat mudah didapatkan. Kita bisa beli di pasar atau bahkan toko online. Selain itu, untuk mendapatkan bahan-bahan alami ini tidak membutuhkan uang yang banyak. Sebelum kita masuk ke pembahasan resep jsr asam lambung dari beliau, akankah lebih baik bagi kita untuk mengetahui tips mencegah penyakit asam lambung seperti berikut ini.

Tips Dari Dr. Zaidul Akbar Agar Tidak Sakit Asam Lambung

Dr. Zaidul Akbar menyebutkan satu tips untuk menghindari datangnya penyakit ketika makan, yaitu dengan mengunyah makanan secara perlahan. Usahakan mengunyah makanan dengan lembut selama 15 menit. Selain itu, disarankan untuk makan buah-buahan sebelum makan. Usahakan sebelum makan juga minum air putih.

Dr. Zaidul Akbar juga menyebutkan bahwa pukul satu siang hingga empat sore adalah waktu yang tepat untuk makan makanan berat. Akan lebih baik jika makan siang tidak sampai kekenyangan.

Resep JSR Untuk Asam Lambung Dr. Zaidul Akbar

Resep minuman herbal ala Dr. Zaidul Akbar, seorang ahli kesehatan islam yang bisa menyembuhkan asam lambung. Berikut adalah resep obatnya:

  • 1 ruas jahe
  • 1 kayu manis
  • 1 sdt ketumbar
  • 300 ml air putih
  • 1 sdm madu

Cara Membuat:

  1. Pertama anda harus membersihkan jahe dari kulitnya.
  2. Kemudian memotong jahe dan menggepreknya. Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Jika sudah mendidih anda bisa mematikan kompornya terlebih dahulu.
  3. Masukkan semua bahan ke dalam gelas berukuran besar kecuali madu.
  4. Tuangkan air panas yang sudah mendidih ke dalam gelas.
  5. Tunggu sampai air terasa hangat.
  6. Jika air sudah hangat anda bisa memasukkan madu dan aduk hingga merata.

Untuk aturan minumnya bisa dilakukan rutin setiap 1 kali sehari. Cara mengatasi asam lambung ini sangat aman bagi kesehatan anda. Jika dikonsumsi secara rutin dan teratur maka asam lambung bisa segera sembuh.

Jahe mempunyai sifat anti radang yang mampu mengurangi nyeri ulu hati. Sama juga halnya dengan akar manis yang diketahui mampu mengatasi nyeri di ulu hati.

Sedangkan ketumbar dipercaya dapat membantu sistem pencernaan bekerja dengan lancar karena mengandung antioksidan didalamnya. jika sistem pencernaan lancar maka bisa mengatasi kambuhnya asam lambung.

Madu bukanlah hal yang jarang diketahui akan manfaatnya. Selama ratusan tahun, madu dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit. Madu merupakan sumber penangkal radikal bebas dan antioksidan yang bisa mencegah rusaknya sel-sel pada saluran pencernaan. Madu juga terkenal ampuh mengatasi peradangan serta mampu menjaga asam pada lambung tidak naik. Untuk sekedar informasi, konsumsilah madu yang asli saja. Pilihlah dengan teliti saat membeli madu.

Makanan yang Harus Dihindari

Untuk memperlancar proses penyembuhan asam lambung sebaiknya menghindari makanan dibawah ini:

1. Makanan Tinggi Lemak atau Gorengan

Untuk mencegah semakin parahnya asam lambung bisa dengan mengurangi makanan tinggi lemak terutama gorengan. Makanan berlemak bisa menurunkan tekanan LES pada tubuh. Sehingga anda akan menunda pengosongan perut.

Lemak juga cukup susah untuk dicerna oleh tubuh dan akan merangsang pelepasan hormon kolesistokinin. Di satu sisi, jika tubuh sulit mencerna makanan maka lambung akan bekerja dengan lambat hingga bisa memicu asam lambung. Makanan tinggi lemak terdiri dari produk olahan susu tinggi lemak, daging sapi, daging kambing, daging domba, gorengan, es krim, kue dan masih banyak lagi.

2. Makanan Pedas

Selain makanan berlemak, sebaiknya penderita penyakit asam lambung juga harus mengurangi makanan pedas. Sebab makanan ini akan mengakibatkan sakit perut dan gejala terbakar. Makanan pedas juga bisa menambah asam didalam lambung sehingga terjadi penumpukkan.

3. Buah dan Sayur

Ada beberapa buah dan sayur yang tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Buah dan sayuran yang memiliki rasa asam sangat dilarang untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Misalnya jeruk dan tomat. Penderita asam lambung harus memahami kalo ada jenis buahan dan sayuran yang bisa memicu penyakitnya yaitu buah-buahan dan sayuran yang mengeluarkan gas seperti kedondong, nangka, kacang, kol, pisang ambon, sawi dan lain sebagainya.

4. Kafein

Kafein dipercaya bisa melemahkan otot pada esofagus di bagian bawah. Sehingga asam lambung bisa naik ke kerongkongan. Untuk itu, penderita asam lambung tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi kafein seperti kopi dan teh.

5. Minuman soda

Soda juga dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah sehingga asam lambung naik.

Nah, itulah cara mengatasi asam lambung ala Dr. Zaidul Akbar. Lakukan dengan rasa ikhlas agar mendapatkan manfaat dari obat herbal tersebut.

Baca juga:

Lawar adalah nama panggilan untuk pembaca situs Kamelawar.