Dzikir dan Doa-Doa Setelah Sholat

Dzikir dan doa setelah sholat bagian dari ibadah kepada Pencipta yakni Allah SWT, sunah Rasulullah SAW, dan jalan mendekatkan diri terhadap Allah.

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Disini aku hanya ingin selfreminder atau pengingat diri karena iman bisa naik dan turun serta ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan. Dalam membuat artikel ini, aku dibantu oleh mba Yani yang aku anggap guruku juga. Beberapa informasi juga aku dapatkan dari beberapa media yang sumbernya tertera di akhir artikel. Jika semua ini bermanfaat untuk kalian maka itu rahmat dari Allah. Jika ada kesalahan maka itu dari diri aku sendiri.

Doa merupakan salah satu bagian terpenting bagi kaum muslimin. Doa merupakan bagian dari ibadah kepada Pencipta yakni Allah SWT, sunah Rasulullah SAW, dan jalan mendekatkan diri terhadap Pencipta sekaligus wadah untuk melangitkan beragam pinta dan harapan, termasuk tempat berkeluh kesah. Berdoa adalah cara seorang hamba meminta sesuatu kepada Penciptanya. Sebagai umat Muslim kita memiliki adab berdoa salah satunya yaitu memanjat doa dengan bersungguh-sungguh dan meyakini bahwa Allah akan mengabulkannya. Salah satu waktu untuk berdoa adalah setelah sholat. Inilah dzikir dan doa setelah sholat fardhu singkat.

Dzikir dan Doa-Doa Setelah Sholat

1. Memuji Allah dan Rasul

Sebelum berdoa umat Muslim dianjurkan untuk melafalkan pujian-pujian terhadap Allah bisa melalui kalimat dzikir. Setelah itu kita dapat bershalawat kepada Rasulullah. Kalian bisa membaca dzikir dan shalawat yang biasa kalian gunakan atau bisa menggunakan bacaan dzikir setelah sholat fardhu sesuai sunnah seperti di bawah ini.

Setelah sholat marilah kita membiasakan diri beristighfar terlebih dahulu.

Astaghfirullahal'azim 3x

Setelah itu berdzikir kepada Allah Subhanahu wata'ala agar kita mengingat Allah dan hati ini terpusat terhadap-Nya.

Subhanallah 33x
Alhamdulillah 33x
Allahuakbar 33x

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'ala kulli syai-in qodiir.
Artinya :

(Maha Suci Allah 33x)
(Segala puji bagi Allah 33x)
(Allah Maha Besar 33x)

(Tidak ada Rabb yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Semua kerajaan dan pujaan adalah milik Allah. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.)

"Barang siapa yang berdzikir diatas, maka akan diampuni semua kesalahannya walaupun sebanyak buih di lautan" (HR. Muslim no 597)

Kata Imam Nawawi rahimahullah, tekstual hadist menunjukkan bahwa bacaan Subhanallah, Alhamdulillah dan Allahuakbar, masing-masing dibaca terpisah. (lihat Syarh Shahih Muslim, 5:58)

Bacaan shalawat kepada Rasulullah dengan membaca :

Allahumma shalli 'alaa Muhammad wa 'alaa aali Muhammad kamaa shallaita 'alaa Ibraahiim wa 'alaa aali Ibrahim wa baarik 'alaa Muhammad wa 'ala aali Muhammad kamaa barakta'ala Ibrahim wa 'ala aali Ibrahim fil aalamiina innaka Hamiidun Majid

2. Memohon agar dijauhkan dari neraka

Umat Islam yang beriman kepada Allah pasti masuk Surga tapi kita tidak tahu kapan kita akan masuk ke sana. Kita tidak tahu berapa lama kita disiksa di Neraka untuk membayar dosa-dosa yang telah kita lakukan. Untuk itu, perbanyaklah doa agar dijauhkan dari Neraka dan memohon ampun kepada Allah Swt.

3. Meminta husnul khotimah dan istiqomah

"Tiap-tiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan" (Q.S. Al-Anbiya:35)

Kita tidak tahu kapan kematian datang menjemput dan berdoalah agar meninggal dalam husnul khotimah dan memohon juga agar tetap istiqomah. Ketika Sakratul Maut, kita umat Islam bisa saja mati dalam keadaan kafir karena saat itu adalah detik-detik kita merasa lemah dan berat apalagi syetan akan sibuk menggoda kita. Naudzubillah min dzalik.

4. Meminta ampun dosa kita, orang tua & kaum Muslimin


رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ

ROBBIGH-FIRLII WA LI WAALIDAYYA
Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku

وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا

WA LI MAN DAKHOLA BAITIYA MU’-MINAN
Dan orang yang masuk ke rumahku dengan beriman

وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

WA LIL MU’-MINIINA WAL MU’-MINAATI
Dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan

وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِيْنَ إِلَّا تَبَارًا

WA LAA TAZIDIZH-ZHOOLIMIINA ILLAA TABAAROO
Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan

(QS. Nuh: 28)


5. Memohon untuk diberikan hidayah


اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الهُدَى وَالسَّدَادَ

ALLOHUMMA INNI AS-ALUKAL HUDAA WAS SADAAD
"Ya Allah, aku meminta kepada-Mu hidayah dan kebenaran.”
[HR. Muslim] [HR. Muslim, no. 2725]


6. Memohon agar dijauhkan dari fitnah


رَبَّنَا عَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا وَإِلَيْكَ أَنَبْنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ
رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلَّذِينَ كَفَرُوا وَاغْفِرْ لَنَا رَبَّنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Artinya:

“Ya Tuhan kami hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir. Dan ampunilah kami ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

(Q.S. Al-Mumtahanah 4-5)

7. Meminta diringankan segala masalahnya

Berdoalah disaat membutuhkan pertolongan Allah dalam segala masalah yang ada. Kepada Allah kita kembali dan jika kita berdoa dengan penuh keimanan terhadap Allah, niscaya pertolongan akan datang sebelum mata berkedip, jika Allah berkehendak. Allah Yang Maha Mengetahui.

8. Bebas apa saja dan jangan lupa mendoakan oranglain (teman, keluarga, umat Muslimin, dll)

Mintalah sesuatu yang baik yang kita inginkan dan berdoalah kebaikan juga untuk saudara kita karena ada malaikat yang meng-amin-kan doa kita & mengatakan "engkau akan mendapatkan yang semisal dengan saudaramu tadi".

9. Membaca Doa Kebahagiaan di Dunia dan di Akhirat (Q.S Al-Baqarah:201)

RABBANA ATINA FIDDUNYA HASANAH WA FIL AKHIROTII HASANAH WAQINA 'ADZABANNAR

Artinya :

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka"



Sumber : Instagram @lemonmove @berusahabaik @loveshugah @yudid.tv

Semoga artikel diatas memberikan manfaat untuk kita semua Aamiin. Sekali lagi, jika semua ini bermanfaat untuk kalian maka itu rahmat dari Allah. Jika ada kesalahan maka itu dari diri aku sendiri. Wallahu'alam.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca juga : Bacaan Niat Sholat 5 Waktu Bahasa Arab, Latin dan Lengkap Beserta Artinya
When I die, the data live forever ✨ I hope this blog is useful for you and others.

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana ini. Mohon beri kritik dan saran serta pertanyaan jika ada :D
© Kame' Lawar. All rights reserved. Managed by Indonesian Blogger