Niat Puasa Senin Kamis

Puasa dihari senin dan kamis merupakan salah satu dari sekian banyak puasa sunnah. Kamu ingin melakukan puasa sunnah ini?

Puasa dihari senin dan kamis merupakan salah satu dari sekian banyak puasa sunnah. Kamu ingin melakukan puasa sunnah ini? Jangan lupa membaca niat sebelumnya, dan niat puasa senin kamis dapat kamu lihat di artikel ini.

Puasa merupakan salah satu ibadah yang unik. Karena hukum dalam mengerjakan puasa dapat menjadi wajib, sunnah, makruh, bahakan haram. Jadi, hukum puasa ada 4 yaitu sebagai berikut ini.

Macam-Macam Hukum Puasa

Puasa Wajib

Puasa hukumnya menjadi wajib bila merupakan puasa Ramadhan, puasa nadzar, dan puasa kifarat.

Puasa Makruh

Ibadah puasa dapat menjadi makruh hukumnya bila dilakukan pada hari jumat atau sabtu dengan tujuan disengaja. Kecuali, kamu berpuasa wajib.

Puasa Haram

Yang terakhir adalah puasa haram. Alasan puasa menjadi haram adalah ketika kamu mengerjakan puasa disaat hari tertentu yang dilarang berpuasa. Seperti saat idul Fitri, idul Adha, hari tasyrik, maupun puasa setiap hari atau sepanjang tahin, bahkan selamanya.

Puasa Sunnah

Beberapa puasa akan mendapat pahala apabila mengerjakannya dan tidak berdosa bila tidak dikerjakan. Beberapa puasa tersebut adalah puasa sya'ban, puasa asyura, puasa daud, puasa senin kamis, dan yang lainnya.

Untuk puasa senin kamis, apakah kamu tahu asal usul mengapa ada puasa sunnah ini?

Puasa Senin Kamis

Adanya puasa senin kamis adalah karena di hari senin merupakan hari yang penting, yaitu hari kelahiran Rasulullah, hari Rasulullah hijrah dari Makkah ke Madinah, hari meninggalnya Rasulullah, dan hari Hajar Aswad di angkat.

Sedangkan untuk hari kamis, kamis merupakan hari yang diberkahi. Karena Rasulullah telah berdoa agar Allah memberkahi umat nabi dipagi hari Kamis.

Tidak hanya itu, Rasulullah SAW juga pernah menyampaikan dalam suatu riwayat, bahwa amal amal manusia diperiksa setiap hari Senin juga Kamis.

Dibawah ini adalah niat untuk berpuasa pada hari senin dan kamis.

Niat puasa hari senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: "Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala."

Niat puasa hari kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: "Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala."

Untuk doa berbuka puasa di hari senin dan kamis ini, sama seperti doa berbuka puasa lainnya. Itulah informasi yang bisa menambah pengetahuanmu tentang puasa, juga tentang niat berpuasa senin kamis.

Bagaimana hukum puasa bagi orang yang sudah tua? silakan baca artikel berikut ini.

When I die, the data live forever ✨ I hope this blog is useful for you and others.

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana ini. Mohon beri kritik dan saran serta pertanyaan jika ada :D
© Kame' Lawar. All rights reserved. Managed by Indonesian Blogger