Apa Perbedaan Statistik dan Statistik?

Ada sebuah pendapat yang menyatakan statistik dan statistika itu merupakan dua kata yang memiliki arti berbeda.

perbedaan statistik dan statistika
Kalian pasti sering mendengar kata statistik dan statistika, bukan? Apakah kalian tahu bahwa statistik dan statistika itu merupakan dua kata yang memiliki arti berbeda? Yap kalian benar, mereka berdua memiliki makna yang berbeda.

Perbedaan Statistik dan Statistika

Mungkin ada beberapa orang yang menganggap bahwa statistika dan statistik itu sama, namun saya pribadi menganggap bahwa dua kata itu berbeda. Selain berasal dari ilmu yang dosen saya berikan, saya juga mempunyai referensi lain seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Statistika

Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara perencanaan, pengumpulan data, mengolah dan menganalisis data, menginterpretasikan data, dan menyajikan data hingga dapat menarik kesimpulan dan mengambil keputusan yang logis. Statistika berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua bagian yaitu statistika deskriptif dan statistika induktif (inferensial).

Untuk mempelajari lebih dalam makna statistika, kalian bisa membaca blog aku yang berjudul Pengertian Statistika Menurut Para Ahli.

Statistik

Statistik adalah kumpulan fakta atau angka-angka tentang suatu masalah. Kumpulan angka-angka tersebut merupakan data dan biasanya disajikan dalam bentuk tabel, grafik, diagram, dan sejenisnya. Contohnya, statistik pelajar berprestasi yang berisi angka-angka mengenai banyak pelajar yang berprestasi menurut jenis prestasinya, seperti prestasi belajar, prestasi seni, dan sebagainya.

Kata statistik juga dapat diartikan sebagai angka-angka yang dihasilkan dari proses penghitungan dari sekumpulan data dimana angka-angka tersebut merupakan wakil dari data itu. Misalnya, rata-rata tinggi badan dari pelajar di kelas IPA 2 adalah 56 kg. Contoh lainnya, pelajar di kelas IPS 4 kebanyakan berprestasi dibidang olahraga. Mengenai contoh diatas, rata-rata dan kebanyakan termasuk kedalam statistik.

Kesimpulan

Dari dua pengertian diatas, secara singkat statistika adalah ilmu yang mempelajari segalanya mengenai data. Sedangkan statistik adalah kumpulan fakta yang mengambarkan suatu masalah (disajikan dalam tabel, grafik dan sejenisnya). Nah kalo aku pribadi membayangkan perbedaannya itu begini, statistika itu ilmunya sedangkan statistik itu datanya. Sekian penjelasan mengenai perbedaan statistik dan statistika. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan kata dan hal lainnya.

Lawar adalah nama panggilan untuk pembaca situs Kamelawar.

When I die, the data live forever ✨ I hope this blog is useful for you and others.

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana ini. Mohon beri kritik dan saran serta pertanyaan jika ada :D
© Kame' Lawar. All rights reserved. Managed by Indonesian Blogger