Bagaimana Pembagian Data Statistik?

Data sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan jenis, susunan, waktu pengumpulan, dan sumber pengambilan data.
pembagian-data

Pembagian data statitstik penelitian bertujuan agar peneliti lebih mudah dalam mengolah data hasil penelitian atau pengamatan. Data sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan jenis, susunan, waktu pengumpulan, dan sumber pengambilan data. Berikut ini merupakan jenis-jenis data statistik.

Pembagian Data Menurut Sumbernya

Jika melihat dari darimana sumber pemerolehan datanya, maka ada 2 jenis, yaitu :

  1. Data Internal adalah data yang sumbernya berasal dari pihak internal objek penelitian yang menggambarkan keadaan objek penelitian. Bisa juga data yang sumbernya berasal dari tempat penelitian berlangsung. Contoh, jika kamu menenliti di sebuah sekolah, maka data internalnya berasal dari kepala sekolah, guru, siswa, waka kesiswaan dll.
  2. Data Eksternal, yaitu kebalikan dari data internal. Data eksternal adalah data yang pengambilannya di luar tempat penelitian dan tidak berurusan langsung dengan objek penelitian. Contoh, jika kamu meneliti di sekolah A, maka data eksternalnya bisa dari balai desa, sekolah B dan lainnya, pihak luar yang terkait dengan sekolah A dan lain sebagainya.

Pembagian Data Menurut Susunannya

  1. Data Tunggal, yaitu data yang susunannya belum dikelompokkan atau dibuat berdasarkan kelas interval tertentu.
  2. Data Berkelompok, berbeda dengan data tunggal, data berkelompok sudah tersusun berdasarkan tingkat tertentu dalam bentuk tabel frekuensi.

Pembagian Data Berdasarkan Jenis Datanya

Dalam memaparkan data menjadi sebuah informasi ada 2 jenis data :

  1. Data Kuantitatif, yaitu data yang dipaparkan dalam bentuk bilangan atau angka-angka. Seperti jumlah murid, presentasi keberhasilan, nilai pelajaran yang ditulis dengan angka.
  2. Data Kualitatif, yaiut jenis data yang pemaparannya secara deskriptif atau dalam bentuk kata kata yang bermakna. Contoh, penerapan sistem buka tutup, peran teknologi dalam pembelajaran dan lain sebagainya.

Pembagian Data Menurut Waktu Pengumupulan

Terkadang butuh waktu lama dalam mengumpulkan data, berikut pembgian data menurut waktu pengumpulannya :

  1. Data Cross Section addalah data yang dikumpulakan berdasarkan titik waktu tertentu. Contoh laporan keuangan per 31 agustus, Omzet penjualan resto makan bersama bulan desember 2020.
  2. Data Time Series / Berkala. Disebut data berkala karena data tersebut dikumpulkan dari waktu ke waktu atau berdasarkan periode secara hostoris. Contoh data nilai tukar dollar terhadap rupiah dari tahun 2015 sampai 2020.

When I die, the data live forever ✨ I hope this blog is useful for you and others.