Pancur Aji: Tempat Wisata Favorit di Kabupaten Sanggau

Air terjun tersembunyi di Sanggau yang menawarkan panorama alam memukau. Pancur Aji di Sanggau dikelilingi pepohonan rindang.
Pancur Aji: Tempat Wisata Favorit di Kabupaten Sanggau

Hai Lawareaders! Kamu pernah nggak dengar tentang tempat wisata yang namanya Pancur Aji? Bagi warga Sanggau, Kalimantan Barat, nama ini sudah tak asing lagi. Pancur Aji merupakan salah satu tempat wisata favorit di kampung halaman aku, yaitu Sanggau. Kalo kamu belum pernah dengar, sini aku kenalin!

Menjelajahi Pesona Tersembunyi Sanggau: Pancur Aji

Pancur Aji adalah salah satu tempat wisata favorit di kampung halaman aku yang menawarkan panorama alam indah dan menyejukkan. Pancur aji adalah wisata alam air terjun yang lokasinya sangat dekat dari pusat kota Kabupaten Sanggau.

Harga tiket masuk (include biaya parkir): Rp 7.000,-

Lokasi dan Akses

Jaraknya hanya 5.7 kilometer dari pusat ibu kota Sanggau dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jalannya pun sebagian besar sudah beraspal dan cukup terawat. Ada sedikit jalan yang rusak, sudah masuk area Pancur Aji dan dekat dengan tempat parkir. Tapi yaa, jalannya lumayan terasa karena berbatu dan berlobang.

Aku tidak ada masalah dengan aspalnya, hanya saja, aku mau bilang kalo jalan menuju Pancur Aji melewati beberapa tanjakan dan ketika sampai pos tiket masuk. Kita akan jalan lagi sedikit menuju tempat area parkirnya. Nah, kamu akan melewati jalan yang curaam pol, kalo kamu tidak terbiasa, jalan ini cukup menyeramkan.

Kalo aku pribadi, sudah biasa, asalkan rem motornya bagus. Kalo nggak bagus ya seram juga sih.

Keindahan Alam yang Memukau

Sesampainya di Pancur Aji, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah. Air terjun yang jernih (tergantung cuaca) dan segar mengalir dari ketinggian kurang lebih 4 meter. Dikelilingi pepohonan rindang, suasananya asri dan sejuk, dijamin bikin kamu betah berlama-lama.

Sebenarnya, ada 3 air terjun yang bisa kamu lihat. Air terjun pertama sepertinya tidak bisa diakses lagi dan hanya bisa dilihat. Dulu, ketika masih bisa diakses, ini spot yang paling aku suka karena bisa terjun bebas. Cukup tinggi dan di bawahnya seperti ada kolam gitu. Tapi, memang cukup berbahaya sih disitu daripada spot lain.

Air Terjun Pancur Aji
Pancur Aji

Air terjun kedua, spot ini memberikan pemandangan yang paling bagus. Paling dekat dengan area masuk. Dekat juga dengan toilet, namun, hanya ada satu gazebo dekat situ.

Air terjun ketiga, air terjun ini memiliki ketinggian yang paling rendah, keknya 2 meter juga ga sampe tapi bisa jadi lebih sih, maafkan aku lupa 😭 kelebihannya, banyak gazebonyaa. Bisa simpan tas dan barang-barang lain.

Di Pancur Aji, kamu bisa berenang atau hanya sekedar bermain air di bawah air terjun ataupun area lain yang dialiri air. Jangan lupa ambil foto dengan latar belakang air terjun yang instagramable!

Fasilitas yang Cukup Lengkap

Pancur Aji dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung, seperti tempat parkir, beberapa toilet, gazebo untuk bersantai, dan warung makan yang menyediakan makanan dan minuman.

Tips Berkunjung ke Pancur AjiGunakan pakaian yang nyaman dan warna gelap agar tidak tembus pandang.

  • Bawalah air minum dan makanan dari rumah.
  • Jagalah kebersihan dan kelestarian alam sekitar.
  • Patuhi peraturan yang ada di lokasi wisata.
  • Simpan baik-baik kunci motor atau mobil, kalo jatuh susah nemunya.

Yuk, Kunjungi Pancur Aji!

Ajak teman-teman dan keluargamu untuk menjelajahi pesona Pancur Aji!

Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk menjelajahi keindahan Pancur Aji.

When I die, the data live forever ✨ I hope this blog is useful for you and others.