[REVIEW JUJUR] Skin Game Kind Cream Moisturizer

Ingin tahu apakah Skin Game Kind Cream Moisturizer worth the hype? Temukan jawabannya di blog ini! Review lengkap dan jujur.
Review Skin Game Kind Cream Moisturizer

Hai Lawareaders! Aku ga inget kapan terakhir kali aku mereview produk skincare. Udah berapa abad yang lalu ya? Wah, kalo dipikir-pikir lama juga ya! Kali ini aku mau comeback lagi menjadi beauty reviewer tapi dengan konsep baru.

Saat ini aku udah memantabkan diri untuk mereview produk sebagai Eco Blogger alias blogger yang memiliki concern terhadap isu lingkungan. Walaupun masih pemula sih, lama banget kalo nunggu sampe pro dibidang ini. Aku sampe hiatus bertahun-tahun dan ga maju-maju. Yaudahlah, mulai aja dulu, berbagi informasi sambil mempelajari.

Kali ini aku mau review produk dari Skin Game, yaitu Kind Cream Moisturizer. Udah lama aku pengen beli produk ini karena dulu packagingnya lebih ramah terhadap lingkungan daripada brand lain. Jadi, wishlist pertama aku sebagai eco beauty blogger adalah salah satu produk dari Skingame.

Apalagi mereka sempat hiatus, walaupun ga terlalu lama, tapi itu bikin aku makin penasaran dengan produk barunya. Skin Game sendiri tuh brand yang udah berdiri sejak tahun 2020, dan mereka punya misi yang baru, yaitu: bikin produk perawatan kulit yang simpel, jelas, dan tentunya berbasis sains.

Mereka bilang kalau rutinitas perawatan kulit nggak perlu ribet kayak 10 langkah. Emang bener?

Untuk itu, aku pengen coba dan membuktikannya. Emang iya bisa seefektif itu?

Kind Cream Moisturizer

Halal MUI: Dalam proses sertifikasi halal
BPOM: NA18230106752

Aku memilih Kind Cream Moisturizer karena produk ini cocok untuk jenis kulit normal to dry dan jenis kulit aku itu mayoritas kering walaupun ada kombinasi juga, berminyak didahi. Produk ini adalah pelembap minimalis dengan tekstur creamy yang lembut.

Star Ingredient:

  • 3% Sweet Almond Oil - melembabkan
  • 1.5% Trehalose - menenangkan & menghidrasi
  • 0,5% Phytoceramide - memperkuat skin barrier

Kamu tau nggak perbedaan antara phytoceramide dan ceramide?

Skin barrier sendiri secara alami terdiri dari ceramide, kolesterol dan asam lemak. Nah, kita fokus ke komponen ceramidenya dulu.

Jadi, kadar ceramide di kulit kita bisa menurun karena beberapa faktor, diantaranya usia, penyakit kulit, dan stress. Cara agar kebutuhan ceramide pada kulit tetap terpenuhi agar skin barrier tidak rusak adalah dengan menaikkan kadar ceramide itu sendiri. Bisa dengan ceramide sintetis ataupun alami.

Nah, phytoceramide adalah ceramide alami yang berasal dari tanaman seperti gandum, jagung, oat, dan beras melalui proses fermentasi.

Lah, bagaimana cara kerjanya? Kan ceramide ada di kulit. Kenapa tiba-tiba ada ditumbuhan?

Jadi, ditumbuhan seperti oat, jagung, gandu, dan beras terdapat senyawa Phytosphingosine. Jika kita makan tumbuhan yang mengandung Phytosphingosine, senyawa itu akan membentuk phytoceramide.

Kalo untuk skincare, pasti ada cara tersendiri (secara sains) untuk mengubah senyawa ini. Aku ga paham lebih detail karena belum belajar sejauh itu 😆

Kesimpulannya, ceramide itu salah satu komponen penting di kulit kita yang bisa menurun karena berbagai faktor. Nah, phytoceramide itu ceramide alami yang berasal dari tanaman dan produk Kind Cream Moisturizer ini bisa membantu memenuhi kebutuhan ceramide yang mungkin dibutuhkan oleh kulitmu.

Review Isi Produk

Seperti yang sudah aku bilang tadi, Kind Cream Moisturizer ini memiliki tekstur seperti krim dan berwarna putih. Kerennya, kalo kulit kalian dalam keadaan kering, pelembab ini cepat meresap dan hasil akhirnya tu kek terasa matte gitu.

Biasanya kan pelembab khusus kulit kering tu bikin becek nan glowing yaa. Tapi anehnya, aku suka! Kalo make pas siang hari ga bikin berat dikulit, apalagi kalo cuaca lagi panas dan pengap, risih banget kalo kulit becek.

Kalo make pas malam hari, enak juga sih. Rambut ga lengket-lengket diwajah. Ga risih juga pas tidur. Minusnya, secara feeling diwajah yaa. Rasa-rasanya kek belum dikasi pelembab ni wajah 😂

Oh iya, kalo kamu punya kulit kering kombinasi berminyak. Jangan dipake diarea yang berminyak atau mudah berjerawat. Soalnya, ada kandungan yang bisa menyebabkan jerawat.

Bener sih, cocoknya memang untuk normal to dry skin. Semoga kedepannya ada produk yang bisa untuk kita yang punya kulit kering kombinasi.

Apakah Kind Cream Moisturizer ramah lingkungan?

Komposisi: Water/Aqua, Hydrogenated Coco-Glycerides, Cetearyl Olivate, Prunus Amygdalus Dulcis Seed Oil, Sorbitan Olivate, Butyrospermum Parkii Butter, Trehalose, 1,2-Hexanediol, Propanediol, Ceramide NP, Ceramide AP, Phytosphingosine, Cholesterol, Ceramide EOP, Polyacrylamide, C13-C14 Isoparaffin, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Sodium Lauroyl Lactylate, C9-C11 Pareth-6, Xanthan Gum, Carbomer, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Citric Acid

    potensi bahaya sedang

Dibawah ini merupakan skor total produk Skin Game Kind Cream Moisturizer berdasarkan database disitus ewg.org. Produk ini belum ditinjau oleh ilmuwan EWG. Laporan-laporan ini hanya untuk tujuan informasi dan non-komersial. So, Ini bukan laporan resmi Skin Deep® yaa! Aku melakukannya secara manual dengan memanfaatkan tools yang ada di situsnya.

Skin Game Kind Cream Moisturizer

Bisa dilihat kalo komposisi Kind Cream Moisturizer ini hanya mengandung 2 ingredients yang mungkin bisa berdampak buruk pada lingkungan hidup, tapi risikonya rendah.

Nilai isi produk: 4.02/5

Note: aku mengecek komposisi melalui situs ewg.org, Environmental Working Group (EWG) adalah sebuah organisasi yang spesialisnya dibidang penelitian dan advokasi masalah lingkungan, EWG bisa mengeluarkan label EWG VERIFIED® pada sebuah produk yang ramah terhadap lingkungan.

Review Kemasan

Kali ini aku mau bahas tentang kemasan produknya. Produk ini menggunakan airless pump yang menurutku keren banget!

Kelebihan airless pump: 

  • Lebih higienis: Produk tidak terpapar udara dan tangan, jadi lebih terjaga kebersihannya.
  • Lebih mudah digunakan: Tinggal pencet, produk langsung keluar. Gak perlu ribet ngeluarin produk dari botol.
  • Lebih hemat: Produk bisa dipakai sampai habis, gak ada yang terbuang sia-sia.

Bahan kemasan:

Kemasan produk ini terbuat dari Polypropylene (PP). Bahan ini bisa didaur ulang, tapi sayangnya proses daur ulangnya cukup sulit.

Kemasan sekunder:

Produk ini dibungkus dengan bubble wrap saat pengiriman. Aku sih kurang suka sama bubble wrap karena gak ramah lingkungan. Sebenarnya, Skin Game sudah kasi opsi alternatif sih, yaitu Honey Comb. Namun, karena terburu-buru, aku gak ngeh soalnya harus nambahin ke keranjang secara terpisah. Salah aku juga sih 😓

Nilai Kemasan: 3.9/5

Recycle Program

Oh iya, Skin Game ada program recycle loh, jadi botol boleh dikirim kembali ke alamat Skin Game.

Tukar minimal 10 kemasan kosong dari produk Skin Game lalu bisa dapat 1 produk gratis dari Skin Game (tidak bisa pilih).

Untuk kalian yang tempat tinggalnya dekat boleh tuh kirim balik. Tapi, untuk yang tempat tinggalnya jauh seperti aku (Kalimantan Barat) mendingan cari program recycle terdekat aja (Walaupun susah nyarinya sih ditempat terpencil kek aku hehe.) atau jual ke orang-orang yang menawarkan jasa beli botol plastik dan besi kiloan.

Soalnya ngirim produk ke tempat jauh juga menimbulkan jejak karbon yang besar. Biaya ongkir juga mahal banget.

Walaupun ada minusnya, aku akan kasi nilai bonus untuk program ini sebagai bentuk appreciate dari aku!

Nilai Program: 5/5

Kesimpulan

Kind Cream Moisturizer ini cukup recommended buat kamu yang punya kulit normal sampe kering. Tapi ya, aku harap Skin Game bisa lebih memperhatikan soal bahan-bahannya lagi! Tinggal dua komposisi aja, mungkin bisa cari alternatif yang lain. 

Produk yang bagus, tapi masih ada ruang untuk diperbaiki. Semoga kedepannya bisa lebih eco-friendly ya!

Pros:
  1. Cukup ampuh dalam melembabkan kulit
  2. Dapat memperbaiki skin barrier yang rusak
  3. Paraben-Free
  4. Sulfate-Free
  5. Alcohol-Free
  6. Silicone-Free
  7. EU Allergen-Free
  8. Minimal Ingredients
Cons:
  1. Harga yang cukup mahal
  2. Butuh waktu untuk memberikan hasil yang terlihat
  3. Tidak cocok untuk kulit kering kombinasi karena tidak Fungal Acne (Malassezia) Safe

Rating: 4.32/5
Price : Rp 168.000
Ecotoxicology: Low
Eco-packaging: No, but it is recyclable

Beli lagi produk ini? Mungkin

Gimana lawareaders, tertarik coba Kind Cream Moisturizernya? Nah, sampai sini dulu ya review dari aku. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tulis komentar jika ada yang ingin ditanyakan!

When I die, the data live forever ✨ I hope this blog is useful for you and others.