Berapa Kadar SPF Sunscreen yang Aman untuk Orang Indonesia?

Bingung memilih SPF sunscreen yang aman untuk orang Indonesia? Yuk baca dan simak blog ini!
kadar minimal spf sunscreen

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia, paparan sinar matahari adalah hal yang tidak terhindarkan. Sinar matahari memang punya manfaat, tapi kalau kebanyakan bisa bikin kulitmu rusak. Kayak gosong, keriput, bahkan bisa jadi kanker kulit! Hal ini terjadi karena sinar matahari memiliki radiasi sinar ultraviolet. Ngeri kan?

Eitss.. tenang, jangan panik dulu! Ada pahlawan penyelamat yang selalu siap melindungi kulit kamu, biasa kita panggil dia, sunscreen.

Tapi, kamu tahu gak kalau memilih sunscreen yang tepat itu penting banget? Memilih sunscreen ibarat mencari jodoh: harus teliti dan sesuai kebutuhan. Gak cuman jenisnya, SPF nya juga perlu kita pertimbangkan. Jadi, jangan asal pilih SPF tinggi, ya! Soalnya, kebutuhan SPF setiap orang berbeda-beda.

So, kali ini aku mau membahas tentang kadar SPF sunscreen untuk kulit orang Indonesia.

Apa itu SPF?

Sebelum kita membahas tentang kadar SPF sunscreen, pertama kita harus paham dulu nih tentang SPF itu sendiri. Mungkin masih banyak yang belum tahu. So, aku bahas tentang konsep SPF dulu ya!

SPF itu singkatan dari Sun Protection Factor, yang artinya faktor pelindung matahari. Sederhananya, SPF menunjukkan seberapa baik sunscreen bisa melindungi kulitmu dari sinar UVB, salah satu sinar matahari yang bikin kulit belang, kusam, dan bahkan bisa kanker kulit.

Semakin tinggi SPF, semakin baik perlindungan dari sinar UVB.

  • SPF 15 memblokir sekitar 93% sinar UVB.
  • SPF 30 memblokir sekitar 97% sinar UVB.
  • SPF 50 memblokir sekitar 98% sinar UVB.

Tapi, kita harus ingat, ada juga sinar UVA, yang dapat menyebabkan keriput dan penuaan dini. Sayangnya, belum ada metode yang disepakati secara universal untuk mengukur perlindungan UVA dalam sunscreen.

Jadi, meskipun SPF adalah indikator yang baik untuk perlindungan UVB, carilah sunscreen yang diberi label "broad spectrum" untuk memastikan perlindungan terhadap sinar UVA juga.

Broad spectrum artinya sunscreen tersebut mampu melindungi kulit dari dua jenis sinar UV yang berbahaya, yaitu UVA dan UVB.

Berapa Kadar Minimal SPF Sunscreen yang Aman untuk Orang Indonesia?

Memilih sunscreen bagaikan memilih pedang di negeri dongeng. Beda orang, beda kebutuhan SPF-nya. Berikut informasi kadar SPF suncreen untuk orang Indonesia.

Berdasarkan warna kulit:

Orang Indonesia berkulit sawo matang, SPF 20-30 sudah cukup untuk aktivitas sehari-hari, bahkan SPF 15 pun sudah aman. Sedangkan bagi pemilik kulit putih yang lebih sensitif terhadap sinar matahari, SPF 30-50  lebih direkomendasikan.

Berdasarkan aktivitas:

  • SPF 15-30: Cocok untuk aktivitas sehari-hari di dalam ruangan.
  • SPF 30-50: Cocok untuk aktivitas di luar ruangan, seperti berenang, berolahraga, atau berjemur.

Kekuatan sunscreen tak hanya terletak pada SPF-nya aja. Sunscreen yang paling mahal dan mengandung SPF tinggi pun tidak akan memberikan perlindungan maksimal jika tidak broad spectrum. Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya.

Tapi, kamu juga harus tahu kalo udah pake sunscreen bukan berarti kamu bisa berjemur seharian. Ingat, sunscreen perlu diaplikasikan ulang setiap 2 jam, terutama setelah berkeringat atau berenang.

Kenapa Sunscreen Tidak Boleh Digunakan Secara Berlebihan?

Meskipun sunscreen penting untuk melindungi kulit, penggunaannya yang berlebihan juga tidak baik. Sunscreen bagaikan perisai yang melindungimu dari sinar UV, tapi juga menghalangi pembentukan vitamin D3 yang penting untuk kesehatan tulang dan kekebalan tubuh

Oleh karena itu, usahakan untuk mendapatkan paparan sinar matahari secukupnya, sekitar 5-30 menit per hari, untuk membantu pembentukan vitamin D3.

Gimana nih, Lawareaders? Kalian setuju ga sama tulisan ini? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya! Sampai bertemu ditulisan selanjutnya, semoga bermanfaat!


Sumber referensi:

  • klikdokter.com
  • ncbi.nlm.nih.gov

When I die, the data live forever ✨ I hope this blog is useful for you and others.