Niat Sholat Tarawih Berjamaah Bahasa Arab, Latin dan Artinya secara Lengkap

Sholat Tarawih merupakan shalat sunnah yang dilakukan di bulan Ramadhan. Untuk melakukan sholat ini, tentu kamu perlu tahu bacaan niat sholat tarawih.

Niat Sholat Tarawih Berjamaah

Sholat Tarawih merupakan shalat sunnah yang dilakukan dibulan Ramadhan. Untuk melakukan sholat ini, tentu kamu perlu mengetahui bacaan niat sholat tarawih. Kamu bisa baca niat sholat tarawih berjamaah pada artikel ini.

Hukum mengerjakan shalat tarawih adalah sunnah muakkad. Pengertian sunnah muakkad yakni sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Shalat tarawih ini dilakukan pada malam hari di bulan Ramadhan. Jadi, kamu dianjurkan melaksanakan shalat tarawih pada malam sebelum kamu berpuasa Ramadhan.

Keutamaan Sholat Tarawih

Sholat tarawih mempunyai keutamaan yang besar.

Dosa-dosa Diampuni ✓

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa yang mengerjakan qiyam Ramadhan (Qiyamul Lail) pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.

(Hadist Riwayat Bukhari no. 37 dan Muslim no. 75)

Yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah shalat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh Imam Nawawi (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 6:39)

Setara dengan Qiyamul Lail (Jika Berjamaah) ✓

Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Abu Daud bahwa Rasulullah berkata:

“Siapa saja yang ikut shalat tarawih berjemaah bersama imam sampai selesai maka untuknya itu dicatat seperti shalat semalam suntuk.”

(HR. Abu Daud dan Turmudzi)

NOTE Qiyamul Lail merupakan amalan ibadah pada malam hari (diantara shalat Isya sampai dengan shalat Subuh) . Misalnya, membaca Al-Quran, berzikir, beristighfar, berdoa, shalat-shalat sunah seperti salat Sunat Taubat, Tarawih, Tahajud, Witir, dan lain sebagainya.

Niat Sholat Tarawih

Melaksanakan shalat tarawih dapat dilakukan sendiri maupun berjamaah. Ada 2 pendapat mengenai banyaknya rakaat untuk dilakukan pada shalat sunnah tarawih. Ada yang melakukan tarawih dengan 8 rakaat, ada pula yang melakukan dengan 20 rakaat. Seringkali dilakukan sholat Witir setelah melakukan sholat Tarawih. Untuk sholat witir akan Kamelawar jelaskan pada artikel yang berbeda, ditunggu aja ya ♡

Berikut ini adalah niat shalat tarawih berjamaah yang bisa lengkap dengan bahasa Arab, Latin dan juga terjemahan atau artinya.

Niat Sholat Tarawih Sebagai Imam


اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā

Artinya : “Aku berniat salat sunah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT."

Niat Sholat Tarawih Sebagai Makmum


اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā

Artinya : “Aku sengaja sholat sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT."

Itulah tadi berbagai niat untuk sholat tarawih berjamaah. Kamu bisa menghafalnya dan membacanya saat akan melaksanakan sholat sunnah tarawih di bulan Ramadhan nanti.

Referensi:

www.freepik.com
www.muslim.or.id

When I die, the data live forever ✨ I hope this blog is useful for you and others.

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana ini. Mohon beri kritik dan saran serta pertanyaan jika ada :D
© Kame' Lawar. All rights reserved. Managed by Indonesian Blogger